Bom Waktu (Blog Non Komersil)

Blog non komersil atau blog yang tidak menitik beratkan pada penghasilan ngeblog menurut saya adalah sebuah bom waktu.
Tapi bukan bom waktu negatif, melainkan bom waktu rejeki yang sewaktu-waktu bisa meledak. Sudah menjadi hukum Ilahi kalau siapa menabur benih dia akan menuai.

Blog non komersil biasanya berisi informasi-informasi yang sangat berharga walaupun sesekali ada narsisme di dalamnya. Nah, info-info ini pastilah punya manfaat bagi sebagian orang walaupun bagi sebagian lain cuma info ecek-ecek.

Tapi lambat laun dengan bertambahnya artikel, maka bertambah banyak pula sharing ilmu yang diberikan. Apalagi dengan semakin terlatihnya pemilik blog dalam menulis maka penyampaiannya pun makin mudah dipahami. Sehingga makin banyak saja orang yang memperoleh manfaat dari tiap tulisannya.

Disinilah bom waktu mulai aktif dan siap meledak kapan saja. Hanya tinggal menunggu pemicu saja. Sepertinnya sudah terlalu banyak contoh blogger-blogger senior yang dulunya nulis di blog yang sama sekali nggak memikirkan pendapatan tapi sekarang bisa punya penghasilan jutaan hanya dengan menulis satu artikel saja.

Tapi membangun reputasi dari sebuah blog non komersial biasanya tantangannya cukup berat. Bagaimana tidak, bertahun-tahun nulis, bayar domain dan hosting tapi ndak ada pemasukan apapun dari blog itu. Kalau otaknya otak matre pasti deh dibuang tuh blog. hehehe…

Padahal hukum Allah tuh penuh misteri. Mungkin kita sharing ilmu di blog ini. Tapi di lain pihak kita dapat sharing ilmu dari orang lain di tempat lain. Dan gara-gara sharing itu kita jadi punya bisnis dan punya penghasilan. Dan herannya, walaupun blog tersebut tidak menghasilkan, tapi ada aja dana untuk memperpanjang domain dan hostingnya.

Inilah kadang yang membuat kita ini mudah menyerah. Dunia yang sudah sempit ini masih kita persempit lagi dengan asumsi kita. Saat ada yang bilang menghasilkan jutaan dari blog non komersil, biasanya orang-orang ini udah langsung kabur hehehe.. Apalagi kalau dibilang dapat jutaan dari bagi-bagi produk gratisan pasti langsung menghilang seperti ninja xixixi….

Saya ingat betul bagaimana blogger-blogger senior dulu berbagi tanpa tedeng aling-aling apapun. Dia tetap kerja dan tetap ngeblog. Tapi sekarang saat dia resign, justru duitnya makin banyak. Ada produk bagus yang dia promosikan, maka berbondong-bondong orang membelinya. Bahkan dia tak perlu teknik-teknik menyembunyikan URL yang aneh-aneh. Pembaca setianya sendiri yang mengontrol dan memastikan dialah sponsornya.

Ini bukan isapan jempol lho karena saya sendiri punya banyak member yang seperti itu. Dengan bangganya beliau mengatakan mas saya udah daftar pakai linknya mas Lutvi. Bahkan ada yang terlanjur daftar dengan referensi orang lain malah pindah ke saya gara-gara saya ikut mempromosikan.

Tidak selamanya rejeki itu datang dari apa yang anda kerjakan. Justru seringkali dia datang dari tempat yang tak pernah anda bayangkan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s