Kenapa WordPress tidak bisa diinstal Plugin?? ini jawabnya..

Tulisan ini berdasar pengalaman Awal saya membuat blog ini, sempat menjengkelkan bagi saya pribadi karena sampe berjam-jam hanya untuk mencari jawaban dan solusi, begini ceritanya : saya sempat tertarik dan ingin memasang salah satu plugin yang ada di wordpress, yaitu plugin Akismet.
Dari info yang saya dapat Plugin wordpress ini merupakan salah satu plugin yang wajib dimiliki, karena dengan plugin ini bisa menyelamatkan blog kita dari komentar SPAM. Komentar SPAM ini biasanya dilakukan olah orang menggunakan program yang dianggap mesin oleh akismet, sehingga komentar yang tidak layak untuk blog anda akan di blokir oleh plugin ini. berhubung sebelumnya belum pernah mengenal dunia blog, saya googling kesana kemari bertanya sama om Google bagaimana cara mengkonfigurasinya, ternyata banyak yang membahas hal ini, langsung saja saya mempraktekannya.

 

Namun ternyata………..!!! ada yang sempat membingungkan saya “kok tidak ada ya menu plugin di wp admin saya yaa ???, he..he..he.. , saya mencoba mengetikhttp://astrasatria.wordpress.com/plugin namun yang saya dapat malah tulisan “page tidak ditemukan error 404″ Wah makin runyam nee, Malah saya sempat mengira apa ada kerusakan di data Base ya? sempat terlintas dipikiran saya apa perlu saya delete account saya dan mengulang kembali pendaftaran yaa ? namun saya kembali mencoba googling lagi kesana kemari mencari jawabannya.
Syukur akhirnya saya mendapatkan jawabannya dan sudah saya praktekkan. Ternyata oh ternyata blog wordpress.com apabila memakai subdomain wordpress alias blog gratisan, memang tidak bisa atau tidak di fasilitasi menu plugin, lain halnya kalo kita memakai hosting sendiri (berbayar) ,  so pasti menu plugins disediakan dengan sendirinya dan sudah saya buktikan lewat website kantor saya yang memakai wordpress namun hosting sendiri, saya login disana dan violaa…! menu plugin tepat ada dibawah menu Apperance. Hal ini sudah aturan main dari pihak wordpress.com sendiri untuk alasan keamanan dan kerja server tidak menjadi berat karena terlalu dibebani dengan plugins-plugins dari para penggunanya.
So bagi para bloger wordpress versi gratisan menu plugins di dashboard tidak usah dicari-cari lagi, untuk akismet gak perlu bingung-bingung lagi, karena widgets akismet udah disediakan, caranya masuk saja ke Dashboard kemudian klik menu Appearance dan cari widget Akismet yang sudah menunggu anda, untuk mengaktifkannya drag Akismet ke sebelah kanan, klik segitiga kecil dan anda hanya perlu memberi nama saja, misalnya beri nama “Komentar Spam”. gampang kannn….! kalo udah tahu.
Tulisan ini saya maksudkan untuk sharing pengalaman bagi teman-teman yang masih baru (newbie) dalam dunia bloging seperti saya khususnya di wordpress, memang kebanyakan bagi pemula biasanya mengutamakan tampilan blog terlebih dahulu dengan cara memperbanyak widget, saya tidak membahas bagaimana instalasi plugin dan lain sebagainya di wordpress, udah banyak yang membahas hal ini, ada bisa bertanya langsung ke pemilik blog dengan menanyakan di kolom comment, saya sekedar menambahkan agar dapat menambah wawasan awal kita seputar dunia bloging. Ayo Semangattt….. jangan putus asa, walaupun tidak ada menu plugin jangan sampai mengurangi semangat Anda untuk belajar ngeblog, anggap ini sebagi batu loncatan menuju profesional, plugin bukan segala-galanya kok, banyak hal lainnya yang harus kita pelajari dari pada waktu dihabiskan untuk berfikir dan mencari-cari yang namanya plugin sialan, sebagai tambahan ini dua screenshoot tampilan menu plugins wordpress.com (gratisan) dengan yang berbayar :

Tampilan Dashboard wordpress gratisan :

 

Tampilan Dashboard wordpress dengan hosting berbayar :

Advertisements

2 comments on “Kenapa WordPress tidak bisa diinstal Plugin?? ini jawabnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s